Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Ngedrop Gampang dan Murah

Cara Memperbaiki Aki Kering - Tanda-tanda aki kendaraan Anda ngedrop alias menurun kemampuannya dalam menyuplai energi listrik. Diantaranya adalah motor susah distarter manual maupun elektrik, lampu-lampu baik lampu utama maupun sein meredup dan jalannya kelistrikan yang bersumber pada aki berkurang atau bahkan tidak bisa bekerja. Nah, bagi Anda yang ingin lebih hemat, tidak perlu langsung buru-buru ganti aki dengan yang baru. Karena cara memperbaiki aki kering yang ngedrop tidaklah sulit.

cara memperbaiki aki kering yang mati,cara memperbaiki aki basah,cara servis aki kering lemah,air aki zuur,aki kering yang rusak parah,basah dengan bodrex,dengan garam,yang rusak parah,
Penyebab aki kering ngedrop bisa bermacam-macam, namun umumnya karena penggunaan dan faktor usia. Aki yang sudah ngedrop daya listriknya bisa direkondisi dengan cara yang cukup praktis. Walaupun tidak 100 % seperti baru, namun setidaknya bisa memperpanjang usia pakai aki lama Anda. Berikut ini adalah bahan dan peralatan yang harus Anda siapkan untuk membongkar dan memperbaiki aki Anda yang ngedrop. Yaitu obeng, alat pembuka atau pencongkel, serta air accu zuur. Harga air aki cukup murah, 1 botol bisa digunakan untuk beberapa aki.

Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop, pertama adalah membuka tutup pengisian air aki. Anda bisa menggunakan alat pencongkel atau pembuka, namun hati-hati jangan sampai merusak penutupnya. Setelah berhasil dibuka, kosongkan air aki sampai tidak ada sama sekali. Sementara itu siapkan air panas hingga mendidih kemudian tuang ke dalam aki. Kocok-kocok lalu buang airnya hingga beberapa kali. Air panas ini fungsinya untuk merontokkan kotoran didalam api. Hati-hati dan gunakan pengaman apabila terkena tangan
Jika Anda merasa aki telah bersih cara mengubah aki soak jadi baru selanjutnya adalah mengeringkan aki.

Cara mengeringkan adalah dengan dijemur di panas matahari pada posisi telungkup atau terbalik. Jemur selama beberapa jam, karena itu sebaiknya proses perbaikan aki ini dilakukan pada pagi hari dan saat cuaca cerah agar bisa selesai di hari yang sama. Selesai dijemur isilah aki dengan air aki zuur yang telah Anda siapkan sebelumnya.

Perhatikan pengisian air aki dengan benar. Pada aki kering tipe standar 3,5 Ah biasanya hanya butuh sekitar maksimal 100 ml saja. Artinya setiap lubang membutuhkan sekitar 15 ml. Pastikan tidak mengisi air aki sampai penuh atau luber, beri jarak sekitar 1,5 cm dari batas mulut atau lubang. Anda bisa menggunakan alat suntik untuk menuangkan air aki zuur agar bisa masuk dengan baik tanpa tumpah-tumpah ke masing-masing lubang.

Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop terakhir adalah pasang kembali penutup. Gunakan perekat untuk memastikan tutup kencang dan rapat. Jika sudah, charge aki rekondisi Anda terlebih dahulu sebelum dipasang di sepeda motor. Cek apakah aki sudah kembali pulih dayanya. Pasang dengan benar di kendaraan Anda. Coba gunakan untuk berkendara dan menyalakan sistem kelistrikan seperti starter atau lampu.