Cara Memperbaiki PS2 Hardisk Tidak Bisa Terbaca

Cara Memperbaiki PS2 Hardisk - Bermain PS2 memang sangat mengasyikkan. Tetapi ketika akan bermain hardisk yang dinyalakan ternyata terlihat blank, maka kemungkinan besar hardisk tersebut mengalami error sehingga tidak bisa terbaca. Memang, hardisk PS2 bisa mengalami error karena corrupt data, yang menjadi satu dari beberapa penyebab hardisk tidak bisa terbaca. Jika sudah begitu, maka harus dilakukan cara memperbaiki PS2 hardisk dengan melakukan scan ulang ataupun dengan melakukan format ulang.

kenapa hardisk tidak terbaca di ps2,cara memperbaiki hardisk ps2 yang macet,hardisk eksternal ps2 tidak terbaca,cara setting hardisk ps2,menu game ps2 tidak muncul,ps2 matrix tidak bisa booting,
Memperbaiki Hardisk Dengan Melakukan Scan Ulang
Hardisk PS2 yang mengalami blank atau tidak bisa terbaca bisa diakibatkan oleh faktor internal, yaitu hardisk mengalami corrupt data. Pada kasus ini tidak diperlukan penggantian komponen-komponen hardware. Untuk memperbaiki PS2 tidak bisa baca hardisk tersebut, bisa dilakukan scan ulang dengan menggunakan aplikasi WNHP. Aplikasi tersebut dapat dijalankan melalui komputer atau laptop yang dihubungkan pada hardisk dengan menggunakan kabel data. Caranya adalah dengan terlebih dulu membuka aplikasi yang sudah terinstal dan kemudian pilih ‘Drive PS2’.

Cara memperbaiki PS2 hardisk tidak bisa dibaca kemudian dilanjutkan dengan membuka tab utilities. Setelah itu pilih ‘Scan/repair PS2 drive’, lalu jalankan. Jika sudah muncul struktur seperti kotak-kotak, jalankan scanner. Lanjutkan dengan mengklik ‘Save’ setelah list game-nya muncul. Selanjutnya pasangkan hardisk tersebut dengan NA ke PS2. Jika dimonitor TV tampak pemberitahuan bahwa game yang terinstal tidak ada, maka lakukan booting ulang dengan menggunakan MC booting pada Boot ELF.

Memperbaiki Hardisk Dengan Melakukan Format Ulang
Setelah mencoba melakukan scan ulang tetapi tidak berhasil, maka cara memperbaiki hardisk PS2 yang tidak terbaca selanjutnya adalah melakukan format ulang. Dengan cara ini, maka seluruh game dalam hardisk akan terhapus, dan Anda harus melakukan install ulang dari game-game tersebut. Tetapi jika tidak ada pilihan lain, maka proses format bisa dimulai. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan komputer atau laptop dan kabel data. Setelah itu hubungkan hardisk pada laptop.

Langkah berikutnya adalah membuka aplikasi WHNP dan pilih atau klik ‘Drive PS2’, lalu klik ‘Format’. Jika proses format tersebut sudah selesai, yang harus Anda lakukan berikutnya adalah melakukan booting ulang. Proses ini membutuhkan MCbooting agar game dapat dibaca oleh PS2. Langkah terakhir adalah melakukan install game ISO. Caranya dengan menggunakan menu game pada laptop, atau menggunakan CD/DVD dengan bantuan WHNP.

Biasanya, cara memperbaiki PS2 hardisk tidak bisa dibaca dengan melakukan format ulang akan berhasil. Tetapi jika tetap tidak terbaca, ada kemungkinan NA atau network adaptornya yang error. Hal ini menyebabkan mesin PS2 tidak dapat terkoneksi dengan hardisk. Setelah NA tersebut diperbaiki, maka hardisk dapat terbaca lagi dengan baik, dan bermain menggunakan PS2 tidak akan mengalami masalah lagi.