Panduan Cara Memperbaiki Jam Tangan Mati Sendiri Tanpa Servis

Cara Memperbaiki Jam Tangan Mati - Jam tangan merupakan salah satu asesoris yang saat ini sudah banyak digunakan dikarenakan kepraktisannya dan kemudahannya. Selain itu, jam tangan juga menjadi salah satu pelengkap penampilan seseorang. Lalu, bagaimana jika jam tangan Anda mati? Jika jam tangan mati tidak perlu panik, mungkin saja jam Anda butuh ganti baterai. Nah, dalam pembahasan kali ini akan diberikan bagaimana cara memperbaiki jam tangan mati. Untuk memperbaiki jam tangan yang mati Anda harus mengetahui penyebabnya. Jika penyebabnya sudah diketahui maka masalah jam tangan mati bisa diatasi.

cara memperbaiki jarum jam tangan,belajar service jam tangan,tangan automatic,memperbaiki jam digital,jarum jam tangan tidak bergerak,harga ic jam tangan,jam tangan g-shock,tangan swiss army,
Penyebab jam tangan mati bisa karena banyak hal. Salah satu yang mungkin terjadi adalah karena baterai jam sudah habis sehingga harus diganti. Selain itu, jam yang terus menerus terkena air juga dapat mati sendiri. Hal ini dikarenakan adanya embun dan air yang mengganggu sistem kerja dari jam tangan tersebut. Oleh karena itu, sebelum mengetahui cara memperbaiki jam tangan mati, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab jam tangan tersebut mati.

Cara Memperbaiki Jam Tangan Mati Yang Terkena Air
Penyebab yang sering terjadi pada jam tangan yang mati adalah jam terkena air. Jika air yang mengenai jam tidak terlalu banyak, maka tidak akan berdampak banyak pada jam tangan. Namun jika jam tangan terus menerus terkena air, maka jam bisa mati. Cara memperbaiki jam tangan mati kena air adalah mengeringkan semua komponen yang ada didalam jam tangan tersebut. Untuk mengeringkan jam tangan, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawa jam tangan Anda ke tempat servis jam.

Adapun cara memperbaiki jam tangan mati karena terkena air ini sangat mudah, yaitu pertama Anda harus melepaskan semua komponen yang ada pada jam tangan Anda. Untuk melepasnya, Anda bisa mulai dari membuka penutup belakang jam tangan kemudian mengeluarkan baterai. Setelah itu, lepaskan mesin jam tangan sehingga hanya masih tersisa kerangkanya saja. Jika semua sudah terlepas, Anda harus mengeringkan semuanya dengan cara menjemur atau mengangin-anginkannya. Setelah kering pasang kembali seperti semula dan jika masalahnya hanya air, maka jam kembali digunakan.

Cara Memperbaiki Jam Tangan Mati Karena Baterai Habis
Masalah lainnya yang sering menyebabkan jam mati adalah karena baterainya habis. Cara mengatasi jam tangan mati karena baterai habis ini sangat mudah, yaitu Anda tinggal mengganti baterai jam saja. Sedangkan untuk mengganti baterai jam bisa dilakukan dengan membeli baterai yang sama kemudian memasangnya. Adapun cara memasang baterai jam tangan ini cukup dengan membuka casing jam kemudian lepaskan baterai dan ganti dengan yang baru.

Lalu, bagaimana jika jam sudah dikeringkan dan sudah diganti baterainya tapi tetap saja mati. Jika hal ini terjadi, kemungkinan terbesar adalah mesin jam tangan sudah rusak. Cara memperbaiki jam tangan mati karena mesin yang rusak adalah dengan mengganti mesinnya. Untuk ganti mesin sangat disarankan untuk datang langsung ke servis jam tangan. Hal ini dikarenakan kerusakan pada mesin tidak bisa ditangani sendiri.