Memahami Masalah dan Cara Memperbaiki Mesin Jahit Mini Portable

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Mini Portable - Mesin jahit portable dengan ukuran mini kini semakin banyak digunakan. Selain tidak banyak memakan tempat, mesin ini mudah dibereskan untuk kemudian disimpan ketika tidak digunakan. Mesin jahit ini sangat dibutuhkan dalam rumah tangga untuk memperbaiki pakaian yang jahitannya lepas atau sedikit sobek. Sebagai pemilik mesin, kita tidak hanya harus menguasai cara penggunaannya, tetapi juga melakukan perbaikan ketika terjadi masalah-masalah kecil. Adapun masalah yang kadang terjadi dan cara memperbaiki mesin jahit mini portable adalah:
mesin jahit mini tidak bisa menjahit,cara memperbaiki sekoci mesin jahit mini,benang bawah tidak mau naik mesin jahit mini,cara memasang sekoci mesin jahit portable,masalah mesin jahit portable,

Kain yang dijahit menjadi mengkerut
Masalah pertama yang kadang terjadi ketika kita menggunakan mesin jahit portable adalah kain yang menjadi mengkerut. Jika ini dialami, jangan panik karena ini bukan kerusakan pada mesin jahit yang serius. Untuk mengatasinya kita perlu mengecek langkah dari jahitan yang kita pilih, karena bisa jadi langkah jahitan tersebut terlalu panjang. Penyebab lain adalah jarum yang sudah tumpul dan harus diganti. Periksa juga benang atas maupun benang bawah, pastikan ukuran serta jenisnya sama.

Hasil jahitan meloncat atau mengalami skip
Saat menjahit, kita juga bisa mengalami hasil jahitan yang mengalami skip atau meloncat. Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama periksa jarum jahitnya. Pastikan menggunakan jarum yang standar untuk jenis mesin jahit yang portable dan multifungsi. Selain itu, usahakan jarum jangan sampai tumpul maupun bengkok. Cara memperbaiki mesin jahit mini portable yang mengalami skip juga bisa dilakukan dengan mengganti jarum dengan yang memiliki ukuran lebih besar, biasanya bernomor 14.

Selain terjadi masalah pada jarum, hasil jahitan yang meloncat juga bisa disebabkan oleh kondisi benang. Langkah yang bisa dilakukan adalah mengatur kembali tension benang. Usahakan tension dari benang atas jangan terlalu kencang dengan mengurangi nomor tension. Jika yang menjadi masalah adalah pemasangan dari benang atas yang tidak tepat, sebaiknya lepaskan saja benang tersebut untuk kemudian memasangnya kembali dengan cara yang benar.

Kain tidak dapat berjalan saat dijahit
Masalah lain yang biasanya terjadi saat menggunakan mesin jahit mini portable adalah kain yang tidak dapat berjalan. Ketika mengalami masalah ini, terasa seperti mesin jahit tidak bisa berputar. Padahal cara menanganinya tidaklah sulit, cukup dengan memeriksa langkah jahitan. Karena ada kemungkinan berada pada posisi 0. Selain itu cek bagian bawah kain, untuk mengantisipasi adanya benang yang tersangkut.

Selain ketiga masalah diatas, ada beberapa masalah lain yang biasanya terjadi. Masalah tersebut adalah benang atas dan juga bawah yang mudah putus serta jarum yang mudah patah. Masalah-masalah tersebut membutuhkan cara memperbaiki mesin jahit mini portable yang tepat. Selain itu, setting yang benar juga harus dilakukan. Karena pada mesin jahit portabel, satu langkah pemasangan yang keliru dapat menyebabkan seluruh kerja mesin terganggu.