5 Cara Memperbaiki Tuts Keyboard Yamaha Yang Rusak

Cara Memperbaiki Tuts Keyboard Yamaha - Yamaha ternyata bukan hanya menjadi merk sepeda motor papan atas saja. Pabrikan Jepang ini juga memproduksi berbagai alat musik elektrik seperti gitar dan Keyboard. Kedua alat tersebut tentu menjadi kesayangan pemiliknya. Hobi bermain musik yang disalurkan selain bisa menghibur banyak orang juga, dapat mendatangkan rejeki. Tetapi bagaimana jika keyboard kesayangan tiba-tiba tidak mau bunyi atau mengalami error?

cara membuka tuts keyboard yamaha,jual karet tuts keyboard yamaha,tuts keyboard tidak berfungsi,pianika yang rusak,cara memperbaiki piano,cara mereset keyboard yamaha,kerusakan,
Kita bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu dan menggunakan cara memperbaiki tuts keyboard Yamaha yang rusak untuk mengembalikan performanya. Cara yang bisa dilakukan adalah:

Mengecek kabel
Hal pertama yang bisa dilakukan saat beberapa tuts pada keyboard mati ataupun error adalah memeriksa kabel. Jika salah satu dari kabel-kabel pada keyboard tidak terhubung secara benar, maka beberapa tuts keyboard tidak berfungsi. Karena itu, periksa semua kabel dan pastikan tidak ada yang mengalami masalah. Kabel-kabel yang tersambung pada tuts keyboard biasanya merupakan kabel pita.

Membersihkan karbon PCB-MK
Salah satu cara memperbaiki tuts keyboard Yamaha yang rusak adalah dengan membersihkan karbon di PCB-MK. Karbon tersebut dapat dibersihkan dengan menggunakan air. Hilangkan semua bekas minyak dan cairan apapun. Setelah itu, jemur hingga benar-benar kering. Dengan selalu menjaga kebersihan karbon ini maka kemungkinan keyboard mengalami error akan menjadi lebih kecil.

Menghilangkan korosi
Tidak seperti pada cara memperbaiki piano yang rusak, sebelum memperbaiki tuts keyboard yang mengalami kerusakan perlu dilakukan pemeriksaan pada jalur dari board MK. Pemeriksaan dilakukan untuk melihat apakah terjadi korosi atau tidak. Jika ada korosi, maka jalur tersebut bisa terputus dan tuts menjadi error. Karena itu hilangkan korosi tersebut agar tuts berfungsi normal.

Membersihkan karet tuts
Perawatan rutin yang seharusnya dilakukan pemilik keyboard Yamaha adalah membersihkan karet dari tuts. Untuk melakukannya, lepaskan baut-baut pada casing keyboard terlebih dahulu yang terletak disebelah bawah. Kemudian keluarkan semua karet dan bersihkan menggunakan kain yang halus dan lembut. Usahakan semua bagian yang mengkilap hilang, sehingga warna karet menjadi hitam lagi.

Mengganti MKS
Penyebab lain yang dapat membuat keyboard tidak dapat mengeluarkan suara atau terdengar suara yang dobel, adalah rusaknya MKS. Anda bisa merasa yakin kalau MKS tersebut rusak setelah melakukan 4 langkah perbaikan di atas, tetapi keyboard tetap error. Jika memang kesimpulannya adalah MKS yang rusak, maka solusi yang bisa ditempuh adalah menggantinya dengan yang baru.

Tuts pada keyboard Yamaha akan menjadi lebih awet jika selalu dibersihkan dengan rutin. Jika sudah terjadi masalah, maka lakukan pemeriksaan yang tepat untuk menentukan cara memperbaiki tuts keyboard Yamaha yang rusak dengan benar. Jika kerusakan disebabkan bagian-bagian tuts yang sudah aus, maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Dengan demikian tuts keyboard dapat berfungsi dengan baik kembali.