Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual Butterfly Dengan Mudah

Mesin jahit Butterfly menjadi pilihan banyak orang yang akan membeli mesin jahit manual. Berbagai kelebihan memang dimiliki mesin jahit ini, seperti kualitasnya yang sangat bagus. Mesin jahit Butterfly memang awet dan harganya pun terjangkau. Bagi pengguna mesin jahit, Butterfly dirasa mudah untuk digunakan maupun dirawat. Beberapa masalah ketika sedang menjahit memang bisa saja terjadi. Tetapi ada cara memperbaiki mesin jahit manual Butterfly yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Masalah dan cara memperbaiki mesin jahit Butterfly adalah:

cara memperbaiki mesin jahit benang loncat,masalah mesin jahit butterfly,benang bawah mesin jahit menggumpal,cara memperbaiki mesin jahit juki,jarum mesin jahit tidak bergerak,mesin jahit mini,
Jarum yang mudah patah
Ketika sedang menjahit suatu bahan, terkadang jarum jahit patah berkali-kali. Masalah ini dapat disebabkan bahan yang terlalu tebal dan tidak sesuai dengan ukuran jarum. Untuk mengatasinya, sebaiknya ganti jarum yang digunakan. Penyebab lain yang mungkin adalah pemasangan jarum kurang sesuai. Atau bisa juga disebabkan karena jarum terkena sekoci. Karena itu periksa dan pasang jarum dengan benar agar tidak mengalami patah lagi.

Hasil jahitan kendur atau tidak kuat
Masalah mesin jahit Butterfly lainnya yang sering ditemui adalah hasil jahitan yang kendur atau tidak kuat. Hal ini dapat disebabkan oleh ketegangan dari benang atas dengan ketegangan dari benang bawah yang tidak sama atau seimbang. Untuk memperbaikinya, kita harus menyesuaikan tegangan dari kedua benang tersebut. Jika benang atas yang kendur, pengaturan ketegangan untuk benang atas di putar ke arah kanan, hingga hasil jahitan dirasa cukup kuat. Tetapi jika benang atasnya terlalu kencang, putar ke arah kiri.

Benang jahit yang sering putus
Untuk menyelesaikan masalah yang ketiga ini, dapat dilakukan beberapa cara memperbaiki mesin jahit benang sering putus. Yang pertama, jika yang putus benang atas, maka jaga agar putaran roda dari mesin tidak terbalik. Pemasangan jarum yang tepat juga harus dilakukan. Jarum ini sebaiknya tidak dipasang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Jika yang putus adalah benang bawah, pemasangan spul pada sekoci harus diperiksa. Jalur dari benang tersebut juga harus benar, ketika melewati rumah sekoci.

Mesin yang tidak lancar dan berisik
Mesin jahit yang berisik dan tidak lancar tentu akan sangat mengganggu. Cara memperbaiki mesin jahit manual Butterfly yang mengalami masalah seperti ini adalah dengan membersihkan mesin dari serat kain maupun benang yang mungkin tertinggal pada gigi mesin. Serat dan benang tersebut dapat dibersihkan dengan menggunakan kuas, secara perlahan hingga semua bagian gigi menjadi bersih.

Selain diperlukan cara memperbaiki mesin jahit manual Butterfly ketika sudah terjadi gangguan, membersihkan mesin jahit secara rutin pun sangat diperlukan. Lakukan pembersihan pada bagian-bagian yang mungkin terdapat sisa benang maupun kain. Saat membersihkan, mesin juga dapat diberi minyak pelumas. Dengan cara ini maka mesin jahit Butterfly kesayangan dapat bekerja dengan lancar dan tidak mengalami kendala.