Cara Memperbaiki Slot Memori HP Yang Rusak Penyebab Data Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Slot Memori HP - Pada hp yang memiliki memori internal tidak begitu besar, peran memori eksternal menjadi sangat penting. Memori card akan membantu menyimpan berbagai data yang jika tetap berada pada memori internal akan sangat membebani dan membuat kinerja hp menjadi lambat. Karena itu memori card harus bisa bekerja dengan baik. Tetapi terkadang terjadi masalah, baik pada kartu memori maupun fisik dari hp termasuk slot memory-nya. Jika demikian, maka diperlukan cara memperbaiki slot memori hp yang rusak agar bisa bekerja dengan baik kembali.

hp android tidak bisa membaca memory card,cara memperbaiki tempat memori hp yang rusak,kartu memori tidak terbaca di android,cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat,
Memory card bisa mengalami system error, terkunci, terkena virus atau permasalahan software yang tidak kompatibel. Selain ketiga masalah tersebut, memory card juga bisa tidak terbaca karena adanya masalah pada komponen hp, termasuk slot memory-nya. Kerusakan ini bisa diakibatkan pemasangan SD Card yang tidak tepat. Selain itu terlalu sering melepas dan memasang SD Card juga dapat menyebabkan slot memory card rusak. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dapat dilakukan beberapa cara seperti berikut ini:

Membersihkan konektor SD card yang kotor
Memory card yang tidak terbaca bisa disebabkan oleh kotornya konektor. Untuk membersihkan bagian tersebut, dapat digunakan tiner. Tetapi penggunaan tiner ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak mengenai bagian-bagian yang berbahan plastik. Casing ponsel maupun bahan plastik lainnya dapat mengalami kerusakan jika terkena tiner. Selain kotor, kemungkinan kaki-kaki konektor mengalami bengkok juga dapat menyebabkan memory card tidak terbaca. Lakukan perbaikan jika masih dimungkinkan, atau ganti konektor jika memang harus dilakukan.

Mengatasi tegangan pada konektor yang hilang
Cara memperbaiki slot memori hp yang rusak berikutnya adalah dengan memeriksa adanya kemungkinan tegangan konektor yang hilang. Untuk memastikan hal tersebut perlu dilakukan pemeriksaan dengan mengggunakan avometer. Periksa tegangan pada masing-masing kaki konektor. Selanjutnya periksa juga jalur dari memory card. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan tegangan tidak bisa sampai pada konektor karena putus jalur. Jika hal tersebut terjadi, maka lakukan jumper.

Memasang dengan baik memory card
Terkadang sebelum memvonis slot memory rusak, sebaiknya periksa dulu cara pemasangan SD card tersebut. Hal ini dikarenakan banyak kasus data pada memory yang tidak terbaca akibat cara pemasangan yang keliru. Pastikan dengan benar bahwa kartu tersebut telah terpasang dengan baik agar mudah dibaca. Jika ternyata kartu sudah terpasang dengan benar tetapi tetap tidak terbaca, ada kemungkinan kartu mengalami kerusakan.

Untuk mencegah slot memory hp mudah rusak, sebaiknya jangan terlalu sering melepas dan memasangnya. Jika memang hal tersebut benar-benar harus dilakukan, maka pemasangan pelepasan tersebut harus dilakukan saat hp dalam kondisi mati. Lakukan pemasangan dengan benar dan jangan terburu-buru. Jika kerusakan memang sudah terjadi, maka lakukan cara memperbaiki slot memori hp yang rusak dengan benar.