Begini Langkah dan Cara Memperbaiki TV Sharp Mati Standby

TV Sharp mati standby ditandai dengan ketika TV dihidupkan, maka lampu Led menyala sesaat kemudian redup lagi dan TV tidak mau hidup. Cara memperbaiki TV Sharp mati standby seperti ini paling mudah adalah membawanya ke service centre Sharp terdekat. Apalagi jika TV Sharp Anda masih bergaransi, tentu akan lebih mudah jika menyerahkan kerusakan TV tersebut pada ahlinya. Namun jika lokasi Anda jauh dari layanan servis, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba memperbaiki TV Sharp yang mati standby tersebut.

cara servis tv sharp mati total,tv sharp protek led merah,pin protek tv sharp,tv sharp hidup sebentar lalu mati standby,tv sharp standby tidak bisa start,cara memperbaiki tv sharp mati sendiri,
Penyebab TV Sharp mati standby kadang sama sekali tidak diketahui, sehingga ketika Anda mengalaminya tentu akan membuat Anda pusing tujuh keliling. Jika Anda orang yang gampang penasaran, tentunya Anda tertantang ingin memperbaikinya. Nah, yang harus Anda lakukan pertama adalah silakan cek apakah TV Sharp Anda dan seluruh bagiannya bersih atau tidak. Terkadang, penyebab TV mati hanyalah karena Anda kurang menjaga kebersihannya. Misalnya, TV jadi sarang semut, sarang debu dan sebagainya.

Jadi, sebelum memainkan cara memperbaiki TV Sharp mati standby, ada baiknya Anda membongkar dan membersihkan dengan hati-hati bagian TV Sharp Anda. Mungkin saja Anda akan menemukan komponen yang gosong, berkarat, putus karena dimakan tikus atau dimakan usia. Jika sudah, Anda bisa mulai mengecek satu demi satu penyebab kerusakan TV Sharp Anda dan melakukan perbaikan dan penanganan yang tepat.

Cara cek TV Sharp mati standby pertama adalah Anda bisa coba mengganti bagian STR, IC vertikal, maupun regulator. Cobalah ganti dengan yang baru. Jika masih protek, maka silakan coba cara lainnya. Untuk membantu Anda, Anda bisa melihat dan mempelajari juga bagaimana sistem arus dan kelistrikan, karena masalah TV error apalagi mati sungguh-sungguh banyak sekali penyebabnya. Cek juga bagaimana transistor Q755 apakah sudah short.

Untuk memperbaiki TV Sharp rusak, Anda bisa memanfaatkan barang bekas dari TV lain. Untuk Anda yang senang mengoprek produk elektronik Anda tentu sudah terbiasa memindahkan satu komponen dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Karena sejatinya memang kerusakan suatu barang elektronik biasanya hanya kerusakan salah satu bagian komponen atau lebih. Kerusakan itu bisa dibetulkan dengan cara mengganti komponen dengan barang sejenis yang baru maupun lama tapi masih baik.

Nah, cara memperbaiki TV Sharp mati standby ini kadang hanya butuh mengganti transistor dengan yang baru atau dengan cara mengkanibal dengan TV lainnya yang sudah tidak terpakai. Kemudian coba hidupkan kembali TV Sharp, Anda untuk mengecek apakah masih mati standby atau tidak. Jika sudah bisa hidup, tunggulah setidaknya beberapa jam untuk memastikan kerusakan sudah bisa diperbaiki dan TV sudah kembali seperti sediakala atau belum. Tentunya jika dalam beberapa jam atau beberapa hari tidak ada masalah maka Anda sudah berhasil menjadi seorang teknisi televisi Anda.