Tehnik Membongkar dan Cara Memperbaiki Senapan Angin Sharp Yang Bocor

Senapan angin merupakan senjata yang mampu menembakkan peluru menggunakan tenaga tekanan udara yang dimampatkan. Untuk dapat digunakan dengan baik, senapan ini tidak boleh mengalami kebocoran. Jika terjadi bocor, maka seal ataupun klep pompa perlu diperiksa dan diganti. Proses pembongkaran harus dilakukan agar dapat memperbaiki senapan tersebut. Pada kesempatan kali ini, perbaikan senapan akan difokuskan pada senapan angin Sharp Innova. Adapun tehnik membongkar dan cara memperbaiki senapan angin Sharp yang bocor adalah sebagai berikut:

cara mengganti klep senapan angin sharp innova,angin ngempos,cara memperbaiki senapan angin sharp tiger,angin benjamin,penyebab senapan angin tidak menyimpan angin,cara pasang tabung,
Langkah pertama
Langkah pertama yang dilakukan adalah melepaskan skrup popor senapan. Selanjutnya lepaskan juga mur pada bagian receiver yang memiliki warna kuning atau putih. Ring matahari dan baut yang berfungsi untuk menahan tabung juga harus dilepas. Selanjutnya tarik bagian pipa pompa hingga terlepas. Lanjutkan dengan melepas tutup pipa, pentil dan ring pentil, serta selongsong dari per keong.

Langkah kedua
Cara perbaikan senapan angin bocor tidak akan lepas dari usaha melepaskan tabung angin. Proses pelepasan ini dilakukan dengan menarik pompa dari pentil, kemudian dipasang lagi dengan kondisi terganjal kain. Selanjutnya tekan pompa senapan hingga tabung terlepas dari pipa. Jika cara ini dirasa sulit, pelepasan tabung dapat dilakukan dengan melepas head visir, klep pompa serta tang pompa. Lalu, masukkan kayu pada pipa tabung dan tekan tabung hingga keluar dengan kayu tersebut.

Langkah ketiga
Jika tabung telah keluar, maka cara memperbaiki senapan angin Sharp yang bocor bisa dilanjutkan. Lakukan pengecekan pada seal-seal yang ada, baik itu seal pentil, luar tabung atau seal inlet. Secara fisik dapat terlihat apakah seal-seal tersebut masih dalam kondisi baik, sudah pecah ataukah aus. Pengecekan juga bisa dilakukan dengan memompa angin. Jika angin yang tersimpan jumlahnya kurang atau tidak ada, maka seal pentil dan luar tabung telah rusak. Jika stang pompa lepas maupun meregang, berarti seal inlet harus diganti. Klep pompa juga bisa diganti untuk mengatasi kebocoran tersebut.

Langkah keempat
Dengan mengganti seal-seal maupun klep pompa, maka cara memperbaiki senapan angin Sharp Innova sudah hampir selesai. Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah memasang kembali tabung angin, dengan susunan yang benar. Pipa pompa juga harus dikembalikan pada receiver dan lakukan pemasangan pipa tabung. Skrup tabung dan plat untuk menekan pipa lalu dipasang dan skrup dikencangkan. Selanjutnya ring matahari serta skrup popor juga dipasang lagi.

Setelah cara memperbaiki senapan angin Sharp yang bocor dilakukan, maka senjata ini sudah dapat digunakan kembali. Kegiatan olah raga maupun berburu hewan sudah dapat dilakukan lagi dengan senapan yang memiliki peluru timah berkaliber 4,5 atau 5,5 mm ini. Walaupun kalibernya tidak besar, tetapi jika digunakan dengan keliru senapan ini dapat menghilangkan nyawa manusia.