Step By Step Cara Memperbaiki Lampu LED Yang Rusak

Lampu LED atau Light Emitting Diode adalah salah satu jenis lampu yang berbeda dari lampu pijar biasa. Lampu LED ini lebih awet dengan masa pakai yang lama dan kebutuhan daya yang rendah namun mampu menerangi. Sehingga LED menjadi alternatif hemat energi karena pemakaian daya yang sedikit. Nah, jika lampu LED Anda rusak, cobalah cara memperbaiki lampu LED yang rusak tersebut melalui penjelasan dibawah ini. Karena biasanya lampu LED bisa diperbaiki hingga nyala kembali.

cara memperbaiki lampu led yang putus,cara memperbaiki lampu led motor,yang redup,cara servis lampu bekas,cara memperbaiki lampu sorot led,lampu led emergency,putus,penyebab lampu led mati,
Cara membongkar lampu LED dan memperbaikinya membutuhkan beberapa peralatan. Pertama siapkan peralatan tersebut, yang terdiri atas solder, timah, secukupnya kabel kecil ukuran kira-kira 2 cm, multitester, obeng dan pisau kecil. Jika sudah siap cobalah buka penutup antara body dengan casing lampu. Anda bisa menggunakan obeng atau pisau kecil untuk membukanya. Hati-hati agar lampu LED tidak rusak. Bila sudah terbuka di dalam lampu LED Anda akan menemukan sirkuit yang merubah arus AC menjadi DC serta mikro LED.

Langkah cara memperbaiki lampu LED yang rusak selanjutnya adalah mengecek bagian mikro lampu LED. Pada bagian kaki-kaki lampu LED cobalah cek dengan multitester. Jika jarum tidak bergerak maka lampu mikro LED tersebut mati. Lampu yang mati juga ditandai dengan titik hitam diatas lampu yang umumnya berwarna putih tersebut. Selanjutnya solder bypass dengan kabel pada kedua terminal kaki LED yang mati tersebut. Yaitu sambung kedua kaki yang mati dengan timah dan solder. Dengan demikian aliran listrik akan tersambung.

Hal ini karena penyebab lampu LED mati biasanya karena matinya salah satu lampu mikro LED di dalamnya akibat lonjakan arus listrik yang tiba-tiba. Sementara lampu LED adalah rangkaian seri, dimana matinya salah satu lampu maka akan membuat keseluruhan lampu mikro tidak dapat hidup. Karena itu perlu upaya untuk menyambung kembali agar terjadi arus listrik kembali. Dengan demikian lampu LED yang tadinya mati tadi dapat menyala.

Apabila sudah selesai disambung, silakan tes kembali dengan multitester untuk mengetahui apakah lampu dapat menyala. Jika masih ada mikro lampu LED yang mati hal ini tidak masalah. Artinya, lampu LED tersebut masih satu jalur seri yang sama dengan dengan lampu yang mati. Jika sudah selesai, silakan rakit atau pasang kembali badan lampu dengan casing atau penutup lampunya. Kini lampu tersebut siap digunakan kembali.

Cara memperbaiki lampu LED yang rusak tidak sulit bukan? Lampu LED yang telah diperbaiki mungkin tak akan seterang sebelumnya, namun masih bisa difungsikan dengan baik sampai benar-benar mati. Untuk menghindari kerusakan lampu LED pastikan tidak ada lonjakan tegangan tiba-tiba. Penggunaan lampu LED di rumah merupakan pilihan yang baik dan aman. Selain hemat listrik, kerusakan pada lampu LED tidak akan membuat lampu meledak.