Mengetahui Penyebab Kerusakan dan Cara Memperbaiki Lampu Neon Panjang

Lampu neon yang digunakan saat ini memiliki perbedaan dengan lampu yang digunakan beberapa tahun yang lalu. Lampu neon sekarang memiliki ukuran lebih kecil, dengan trafo dan starter yang telah menyatu dengan lampu. Sedangkan dahulu, lampu neon dengan tabung yang panjang adalah jenis yang banyak digunakan. Lampu tersebut umumnya menggunakan rangkaian dari trafo ballas serta starter yang dipasang terpisah. Biasanya rangkaian ini awet dan tidak mudah rusak. Kalaupun terjadi kerusakan, ada cara memperbaiki lampu neon panjang yang bisa dilakukan.

cara memperbaiki lampu neon jari,penyebab lampu neon kedap kedip,tidak menyala,lampu neon lilin,cara cek ballast lampu tl,lampu tl tanpa starter,lampu aquarium,rangkaian lampu neon,
Mengetahui Penyebab Kerusakan Lampu Neon
Kerusakan pada lampu neon dapat disebabkan oleh beberapa hal. Tanda-Tanda kerusakan bisa diketahui melalui pemeriksaan bagian-bagiannya. Salah satu tanda tersebut adalah lampu yang tidak menyala penuh, tetapi hanya berkedip-kedip saja. Ada juga lampu yang nyalanya menjadi lemah atau tidak seterang biasanya. Lampu yang tidak menyala atau mati total juga harus diperiksa untuk mengetahui penyebabnya. Beberapa penyebab lampu neon tidak menyala harus diketahui terlebih dahulu sebelum lampu tersebut diperbaiki.

Pemeriksaan terhadap tabung neon bisa dilakukan untuk mengetahui apakah tabung tersebut masih dapat digunakan atau tidak. Pemeriksaan tersebut meliputi tabung kacanya, apakah masih utuh atau ada bagian yang pecah. Selanjutnya periksa filament atau kawat pijar yang berfungsi untuk melakukan starter. Filamen yang putus dapat menjadi penyebab lampu neon panjang mati. Hal terakhir yang mempengaruhi nyala tidaknya lampu neon adalah gas dalam tabung tersebut. Jika gas sudah habis, maka lampu tidak akan menyala.

Lampu neon yang berkedip-kedip bisa dikarenakan kapasitor bipolar atau elco yang terdapat pada trafo ballast mengalami kebocoran atau menggelembung. Jika elco tersebut mengalami kerusakan, maka arus yang seharusnya masuk menjadi kurang stabil. Periksa dan perhatikan kondisi elco tersebut sebelum melakukan perbaikan. Selain itu, periksa juga bagian-bagian dari rumah neon atau trafo ballas. Perhatikan apakah terlihat solderan yang longgar atau mungkin retak.

Cara Memperbaiki Lampu Neon
Setelah semua bagian diperiksa, kini saatnya melakukan perbaikan. Cara memperbaiki lampu neon panjang pada bagian tabung neon sebenarnya bisa dilakukan dengan mengisi gas yang sudah habis. Tetapi hal ini sulit dilakukan karena biaya yang dikeluarkan tergolong mahal. Sedangkan jika tabungnya pecah atau filamennya putus, maka tabung tersebut sulit untuk diperbaiki.

Jika hasil pemeriksaan menemukan elco yang menggelembung, elektrolit condensator atau elco tersebut bisa diganti dengan yang baru. Dengan biaya yang tidak mahal, trafo ballas bisa berfungsi dengan baik kembali. Tetapi jika kondisi elco masih baik, pastikan bahwa tidak ada bagian solderan yang mengalami retak atau mungkin longgar. Jika hal tersebut ternyata ditemukan, maka melakukan penyolderan ulang bisa menjadi cara memperbaiki lampu neon panjang. Setelah perbaikan ini dilakukan, Anda akan memiliki lampu neon yang kembali menyala terang.