Cara Memperbaiki Slot Sim Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Slot Sim Card - Biasanya terlalu sering gonta-ganti simcard bisa membuat slot simcard rusak. Hal ini karena paket data nomor perdana begitu mudah dan murah untuk didapatkan. Sehingga orang biasanya menggunakan dua nomor atau lebih, dimana simcard pertama untuk nomor lama lalu simcard berikutnya untuk nomor khusus paket internet. Nah nomor khusus internet ini biasanya sekali pakai saja dan menjadi salah satu penyebab slot simcard error. Jika ini terjadi, bagaimana cara memperbaiki slot sim card yang rusak?

cara memperbaiki tempat sim card yang rusak,slot sim card tidak terdeteksi,biaya ganti slot sim card samsung,slot sim card yang patah,kartu sim yang rusak,kartu sim tidak terbaca di xiaomi,
Slot simcard yang rusak ditAndai dengan simcard tidak terbaca, atau bahkan slot tersebut tidak terdeteksi oleh ponsel ketika dinyalakan. Sebetulnya tidak terdeteksinya simcard bisa juga karena kerusakan pada simcard. Jadi sebelum menuduh slotnya yang rusak, ada baiknya dicek terlebih dahulu jangan-jangan masalah terletak pada simcard Anda. Simcard lama yang sering dibongkar pasang untuk pindah ponsel juga bisa mengalami kerusakan. Cara memperbaiki simcard yang rusak tentu beda lagi.

Cara memperbaiki slot sim card yang rusak bisa dilakukan dengan mengecek kondisi slot tersebut. Periksa apakah yang rusak pada bagian penutupnya atau pada bagian pelat tembaga atau konektornya? Jika penutupnya kendur, Anda bisa mengatasinya dengan memberikan perekat agar simcard tidak goyang dan tetap rapat. Sementara apabila bagian konektor atau dasar slot yang rusak, cek saja mungkin hanya banyak kotoran yang menempel. Anda bisa membersihkannya secara hati-hati menggunakan kain lembut atau kuas.

Sementara jika kerusakan ternyata ada pada simcard maka Anda bisa mencoba membersihkan chip simcard terlebih dahulu menggunakan kain lembut dan mengecek sekali lagi di slot yang berbeda. Jika masih tidak terdeteksi, maka cukup datang ke provider kartu Anda untuk mendapatkan simcard pengganti. Jangan lupa, untuk mengganti simcard dengan yang baru tapi nomor lama biasanya tidak bisa diwakilkan. Kemudian Anda juga harus menunjukkan kartu identitas dan menunjukkan bukti bahwa nomor tersebut adalah nomor Anda.

Jika masalah ada pada slot simcard dan Anda tidak bisa memperbaikinya, maka solusi mengatasi slot simcard rusak adalah membawanya ke service centre sesuai merek ponsel Anda. Merek-merek terkenal punya layanan servis purna jual yang bagus. Walaupun sudah tidak bergaransi, ponsel Anda bisa diperbaiki dengan biaya yang terjangkau. Apalagi jika ponsel masih garansi, tentu Anda bisa memanfaatkan kartu garansi Anda.

Cara memperbaiki slot sim card yang rusak tidak mudah. Kita hanya bisa mengakali sesuai dengan kerusakannya. Namun jika kerusakan terlalu parah tentu Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri. Jika slot simcard sudah pernah bermasalah, ada kemungkinan akan terulang lagi. Maka menjual ponsel tersebut segera setelah diperbaiki akan lebih bijaksana. Untuk menghindari kerusakan pada slot simcard atau simcard Anda, sebaiknya jangan terlalu sering gonta-ganti kartu maupun ponsel.