Cara Memperbaiki Sinyal TV Yang Lemah

Cara Memperbaiki Sinyal TV - Menonton TV menjadi bagian dari aktivitas kita sehari-hari. Melalui TV kita bisa menikmati banyak hiburan dan mendapatkan berbagai informasi. Kegiatan menonton TV tentu akan lebih nyaman jika gambarnya jelas dan jernih. Karena itu jika terjadi gangguan pada tampilan gambarnya, segera lakukan cara memperbaiki sinyal TV yang kemungkinan lemah. Untuk menguatkan sinyal tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah:

cara memperkuat sinyal parabola matrix,sinyal parabola tiba tiba hilang,memperbaiki sinyal tv,kualitas sinyal parabola lemah,alat penguat sinyal receiver,sinyal parabola hilang timbul,
Menggunakan antena outdoor
Di beberapa tempat terutama daerah perkotaan, sinyal TV bisa sangat kuat dan dapat ditangkap walaupun hanya menggunakan antena indoor. Antena yang diletakkan di dekat pesawat TV di dalam rumah tersebut mampu menangkap sinyal yang relatif kuat. Tetapi jika sinyal yang datang tergolong lemah hingga mudah hilang, maka gambar yang dihasilkan tidak akan bagus dan ataupun jernih. Untuk menanggulanginya, pilihlah antena outdoor sebagai cara memperbaiki sinyal TV yang hilang.

Mengatur arah dan ketinggian antena
Setelah menggunakan antena outdoor, sinyal TV tidak akan serta merta menjadi jernih. Jika arah antena tidak sesuai, maka antena tersebut tidak akan bisa menangkap sinyal dengan baik. Selain itu, untuk beberapa daerah tertentu, ketinggian antena juga menjadi sangat mempengaruhi kekuatan sinyal yang ditangkap. Karena itu atur dengan baik arah serta ketinggian antena untuk mendapatkan sinyal yang kuat.

Menggunakan booster
Ketika antena outdoor dengan arah dan ketinggian yang tepat sudah digunakan, gambar TV terkadang belum bisa sepenuhnya jernih. Masih ada bintik-bintik yang terlihat dan tentu saja sangat mengganggu kenyaman dalam menonton. Untuk mengatasinya bisa digunakan booster atau penguat sinyal antena TV. Gambar yang dihasilkan dari antena yang menggunakan booster sebagai penguat biasanya jauh lebih baik, lebih jernih dan juga tajam.

Menggunakan antena dan kabel Coaxial berkualitas bagus
Harga antena TV yang dijual di pasaran sangat bervariasi. Mulai dari lima puluh ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Perbedaan harga tersebut tentu berdampak pada perbedaan kualitas. Antena yang murah biasanya kurang dapat menangkap sinyal dengan baik, bahkan mudah mengalami kerusakan. Demikian halnya dengan kabel Coaxial. Kabel yang berkualitas rendah umumnya tidak tahan lama. Dan ketika rusak, sinyal TV-pun menjadi lemah. Cara memperbaiki sinyal TV seperti ini tentu dengan mengganti antena maupun kabel Coaxial dengan yang memiliki kualitas bagus.

Selain keempat cara diatas, pemilihan frekuensi yang tepat juga bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal TV. Memang, kebanyakan TV yang digunakan saat ini sinyalnya dapat dicari secara otomatis. Tetapi jika fitur otomatis tersebut tidak ada, maka cara memperbaiki sinyal TV dengan mencari frekuensi secara manual harus dilakukan. Pemilihan frekuensi yang menghasilkan gambar paling baik ini akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan remot kontrol.