Cara Memperbaiki Shockbreaker Mobil dan Penggunaan Yang Benar Agar Tak Cepat Rusak

Cara Memperbaiki Shockbreaker Mobil - Memiliki dan menggunakan mobil sebaiknya memperhatikan setiap sparepartnya agar mobil selalu sesuai standar keselamatan. Salah satu bagian mobil yang penting untuk diperhatikan adalah shockbreaker. Cara memperbaiki shockbreaker mobil tidak mudah. Selain itu, sebagai pengguna mobil, Anda harus memperhatikan apabila shockbreaker mobil Anda sudah rusa, bocor dan perlu diganti atau diperbaiki. Karena shockbreaker yang kurang baik tidak hanya mengurangi kenyamanan berkendara, tetapi bisa mengancam keselamatan.

shockbreaker mobil bocor,cara memperbaiki shockbreaker depan mobil,suntik shockbreaker mobil,ciri ciri shockbreaker belakang mobil rusak,rekondisi shockbreaker mobil,servis shockbreaker mobil,
Ciri-ciri shockbreaker mobil rusak dapat dilihat dan dirasakan dengan mudah. Diantaranya, ban yang tidak rata, cepat aus, kemudian posisinya menyentuh spakbor ketika mobil melewati posisi tidur atau jalan bergelombang. Selain ban yang terasa menyentuh spakbor, Anda biasanya akan merasa lentingan lebih tajam saat melewati polisi tidur atau mobil terasa menghentak kencang. Kemudian jika dilihat atau dirasakan ciri-ciri lainnya adalah ketinggian mobil tidak rata atau mobil tidak seimbang, maka bisa dipastikan shockbreaker rusak.

Sementara itu, penyebab shockbreaker mobil rusak bisa oleh beberapa hal, baik itu karena perawatan yang salah maupun penggunaan yang kurang benar. Antara lain, pemasangan upper mounting kurang sempurna sehingga shockbreakjer mengalami kelebihan beban kerja dan cepat rusak. Kemudian, kotoran pada As shockbreaker bisa menyebabkan seal karet jadi sobek dan oli shockbreaker bocor. Karena itu penting membersihkan atau mencuci mobil secara rutin termasuk pada bagian bawahnya.

Shockbreaker juga bisa mengalami kebocoran atau kerusakan jika muatan mobil sering melebihi batas sehingga mobil bekerja terlalu keras. Membiarkan ban aus tetap dipakai juga membuat shockbreaker cepat rusak karena keseimbangan mobil terganggu. Penggunaan mobil yang terlalu ekstrim diluar kemampuannya juga menyebabkan shockbreaker cepat bocor. Karena itu sebelum berpikir cara memperbaiki shockbreaker mobil, Anda sebaiknya juga mengantisipasi penyebab kerusakannya.

Jika Anda merasa shockbreaker sudah kurang baik, Anda sebaiknya langsung membetulkannya di bengkel servis mobil terpercaya. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang semakin parah. Bisa jadi, mungkin Anda hanya perlu membetulkan posisinya, atau memperbaiki bagian tertentu saja. Sehingga biaya yang dikeluarkan akan lebih murah ketimbang Anda harus membeli baru saat shockbreaker rusak parah. Karena memperbaiki shockbreaker mobil sendiri membutuhkan peralatan dan skill khusus yang tentu tidak dimiliki semua orang

Agar shockbreaker tidak cepat rusak pastikan Anda memarkir mobil di jalan yang rata supaya tidak ada beban berlebih pada satu sisi. Kemudian pastikan membersihkan mobil dan bagian bawahnya secara teratur. Lalu, keluarkan barang berat di dalam mobil saat mobil tak digunakan. Shockbreaker sendiri memiliki batas umur maskimal penggunaan. Jadi kadang Anda butuh menggantinya ketimbang mencari cara memperbaiki shockbreaker mobil Anda. Selain sohckbreaker tua dan rusak beresiko untuk digunakan, menggantinya akan jauh lebih murah dan bermanfaat.