Cara Memperbaiki Klakson Keong Yang Tidak Mau Bunyi

Klakson Keong - Berbagai permasalahan pada sepeda motor biasanya muncul di musim hujan. Motor yang terkena cipratan hingga terendam air memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami kerusakan. Klakson yang tidak mau bunyi atau suaranya menjadi pelan adalah salah satunya. Air yang masuk ke dalam klakson keong dapat membuat suaranya menjadi pelan bahkan hilang. Untuk menyiasatinya, ada beberapa cara memperbaiki klakson keong yang layak di coba, seperti berikut ini:

cara membongkar klakson keong,cara memperbaiki klakson motor tidak bunyi,penyebab klakson keong tidak bunyi,cara menyetel suara klakson keong,cara bongkar klakson,klakson hella,mati sebelah,
Membersihkan klakson dengan melepaskannya dari motor
Klakson keong yang kemasukan air dan kotoran harus dibersihkan agar suaranya kembali nyaring. Cara membongkar klakson keong dapat dilakukan dengan membuka baut yang menempel di penyangga klakson. Setelah itu lepaskan kabel-kabelnya. Dengan demikian klakson dapat terlepas dari motor. Bagian dalam klakson tidak perlu dibongkar jika hanya ingin membuang air yang masuk. Cukup goyang-goyangkan klakson tersebut dengan arah lubang menghadap ke bawah. Jika semua air sudah keluar, maka klakson dapat dipasang kembali.

Membersihkan klakson menggunakan Carbu Cleaner
Cara memperbaiki klakson keong dengan melepaskannya dari motor dapat dilanjutkan dengan memberikan Carbu Cleaner atau cairan lain yang mudah menguap. Jadi setelah klakson dilepas dan airnya dikeluarkan, Carbu Cleaner dimasukkan ke bagian mulut trompet dari klakson. Kemudian keluarkan lagi sambil mengocok klakson. Dengan cara ini semua kotoran, tanah dan kerak bisa ikut keluar dengan sisa air yang masih ada.

Membersihkan klakson menggunakan selang
Jika harus melepaskan klakson dari motor dirasa terlalu merepotkan, kita bisa menggunakan selang untuk membersihkannya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan selang kecil ke dalam lubang klakson tanpa melepaskan klakson dari motor. Kemudian tiup bagian ujung selang, agar semua air yang menjadi penyebab klakson keong tidak bunyi dapat keluar. Dengan cara ini kotoran-kotoran yang terbawa air juga dapat dikeluarkan.

Membersihkan klakson menggunakan kompresor atau hair dryer
Cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan klakson adalah dengan menggunakan angin yang dihasilkan oleh kompresor. Angin bertekanan tinggi tersebut dimasukkan melalui bagian mulut trompet hingga seluruh bagian dalam klakson menjadi bersih. Air, tanah dan kerak pasti akan dapat keluar dengan cara ini. Jika sulit menemukan kompresor, hair dryer yang biasanya digunakan untuk mengeringkan rambut juga bisa digunakan. Udara panas yang dihasilkan, akan mampu mengeringkan klakson. Tetapi cara ini tidak dapat mengeluarkan kotoran seperti tanah dan kerak.

Keempat cara memperbaiki klakson keong di atas bisa dipilih mana yang paling mudah dilakukan. Selain itu ketersediaan alat dan bahan juga turut menentukan. Tetapi pada prinsipnya, jika klakson keong Anda tidak bunyi atau suaranya menjadi pelan setelah terkena hujan, jangan terburu-buru membawanya ke bengkel. Coba bersihkan dulu klakson tersebut, karena kemungkinan airlah yang menjadi penyebab masalah tersebut.