Cara Memperbaiki Genset Tidak Ada Arus Listrik Dengan Mudah

Mungkin sebagian besar orang belum mengerti cara memperbaiki genset tidak ada arus listriknya. Seperti yang kita ketahui, genset adalah salah satu alternatif sumber listrik yang saat ini sangat populer. Mengapa disebut populer, karena genset sering digunakan ketika listrik PLN mati atau mengalami gangguan. Dengan adanya genset, maka pasokan daya listrik dapat diberikan. Disamping itu, cara menggunakan genset yang relatif mudah tidak akan membuat pemakainya merasa kesulitan, namun terkadang genset juga bisa rusak karena disebabkan faktor tertentu.

cara memperbaiki genset bensin,avr pada genset,tanda avr genset rusak,tegangan genset tidak stabil,genset kurang voltase,kapasitor genset,cara memperbaiki genset kumpulan tips,penyebab avr,
Berbagai permasalahan dapat timbul seiring dengan umur genset dan cara penggunaannya. Biasanya kerusakan genset tidak cukup hanya satu masalah, namun kerusakan genset bisa beragam atau lebih dari satu. Oleh sebab itu, penerapan perbaikan akan berbeda-beda mengikuti jenis kerusakan genset tersebut. Kerusakan genset dimulai dari kategori ringan sampai kategori berat yang mengharuskan genset dibawa ke ahli genset. Namun biasanya masalah yang sering terjadi yaitu genset tidak ada arus listriknya, sehingga tidak bisa dinyalakan.

Berikut ini merupakan informasi cara memperbaiki genset diesel yang tidak mempunyai arus listrik. Cara memperbaiki genset tidak ada arus listrik, dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Pasalnya, cara pengecekan dan perbaikannya cukup mudah dan sederhana selama genset tidak mengalami kelebihan beban pemakaian. Perlu Anda tahu, apabila genset mengalami kelebihan beban pemakian standar, maka hal buruk atau masalah akan terjadi pada genset. Masalah yang sering yang berkaitan dengan hal ini yaitu rusak dan terbakarnya komponen dinamo primer diantara stator atau rotornya.

Apabila hal diatas terjadi, maka Anda harus melakukan penggantian dinamo atau silahkan bawa ke bengkel dinamo dan lakukan penggulungan ulang. Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengetahui bagian genset yang rusak sehingga tidak menimbulkan arus listrik. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Periksalah kabel penghubung arus listrik, apakah kabel masih dalam kondisi bagus atau tidak.

Periksa bagian stekernya masih tersambung atau terputus karena panas yang berlebihan.

Periksa bagian internal dinamo dengan membuka penutup dinamo dan ukur dengan tester kabel arus apakah masih terhubung dengan baik.

Periksa bagian karbon brush, apakah antara min dengan plus masih terhubung dengan rotor dan apakah panjang ukuran masih standar, jika tidak maka perlu diganti.

Periksa AVR pada genset, bila sudah rusak akan terlihat retak atau menggelembung. Jika demikian, maka harus diganti dengan yang baru.

Namun demikian, ada jenis genset yang menggunakan kapasitor bukan AVR. Jika menggunakan kapasitor, maka yang diperiksa bagian kapasitornya. Dimana jika sudah jelek atau rusak, silahkan ganti dengan yang baru.

Sebaiknya, Anda tidak menggunakan genset secara terus menerus. Gunakanlah sesuai kebutuhan. Namun apabila Anda sering menggunakan genset, maka imbangilah menggunakan perawatan genset yang baik. Apabila pengecekan dan perawatan mesin genset dilakukan dengan baik sesuai prosedur, maka performanya akan terjaga dan umur pakainya lebih lama. Nah, itulah cara memperbaiki genset tidak ada arus listrik, semoga dapat membantu pembaca yang sedang membutuhkan.