5 Penyebab dan Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar Dengan Cepat

Cara Memperbaiki Mesin Cuci - Salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin cuci adalah mesin tidak dapat berputar dengan cepat. Masalah ini sebenarnya masalah umum yang terjadi pada mesin cuci dan cara memperbaikinya juga tidak sulit. Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar ini harus dikenali dulu penyebabnya. Dengan mengenali penyebabnya, maka Anda bisa memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa berputar ini. Penyebab mesin cuci tidak berputar ini cukup banyak. Khusus untuk Anda, penulis akan memberikan beberapa penyebab yang bisa membuat mesin cuci tidak berputar.

penyebab mesin cuci lambat berputar,mesin cuci tidak kuat berputar,bisa berputar bolak balik,lemah putarannya,putarannya lambat,hanya suara berdengung dari dinamo,kapasitor mesin cuci,

Berikut ini beberapa penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar:

Kelebihan muatan
Salah satu penyebab mesin cuci lambat berputar adalah kelebihan muatan. Setiap mesin cuci mempunyai kapasitas yang berbeda-beda. Jika Anda mencuci melebihi kapasitas maksimal mesin cuci, maka akibatnya putaran akan melambat bahkan mesin cuci tidak bisa berputar. Jika mesin cuci Anda berputar normal, maka periksalah apakah muatan dalam mesin cuci terlalu banyak atau tidak.

Kabel steker rusak
Apabila Anda sudah mengecek dan muatan dalam mesin cuci normal seperti biasanya tapi mesin cuci tetap tidak bisa berputar, Anda perlu cek kabel steker mesin cuci. Cara mengeceknya yaitu dengan mencabut kabel kemudian cek apakah ada kabel yang terputus. Jika ada, sambunglah terlebih dahulu lalu pasangkan kembali.

As mesin macet
Mesin cuci yang tidak berputar juga bisa disebabkan oleh as pada mesin cuci yang macet. Ciri as mesin cuci rusak yaitu mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo saja. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus membersihkan as pada dinamo mesin cuci. Biasanya as yang macet disebabkan karena ada sumbatan pada dinamo.

Vanbelt longgar
Mesin cuci yang tidak mau berputar ataupun putarannya menjadi lemah bisa jadi dikarenakan vanbelt pada mesin cuci sudah longgar. Vanbelt ini merupakan salah satu komponen penting dalam mesin cuci. Oleh karena itu, jika vanbelt longgar maka mesin cuci tidak akan berjalan dengan normal. Cara mengatasi masalah ini yaitu dengan mengencangkan kembali vanbelt tadi.

Timer rusak
Penyebab terakhir mesin cuci tidak mau berputar adalah timer rusak. Timer ini biasanya ada pada mesin cuci 1 bukaan. Jika masalah ada pada timer, maka Anda perlu cek kabel timer apakah ada yang terputus atau tidak. Jika memang ada yang terputus, Anda harus menyambungkan kembali lalu gunakan mesin cuci seperti biasa.

Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar ini memang harus mengenali penyebabnya. Dengan demikian, Anda akan mudah melakukan perbaikan. Jika mesin cuci Anda tidak mau berputar seperti biasanya, maka Anda tidak perlu panik. Anda harus melakukan pengecekan bagian mana yang mengalami kerusakan. Setelah mengetahui bagian yang rusak, Anda bisa mengambil tindakan memperbaiknya sendiri ataupun diserahkan kepada tempat servis mesin cuci. Sangat disarankan jika kerusakan masih ringan dan bisa ditangani sendiri maka tidak perlu dibawa ke tempat servis.